SURAT TANDA REGISTRASI ELEKTRONIK (e-STR)

E-STR Surat Tanda Registrasi Elektronik

Surat Tanda Registrasi mulai 01 juni 2021 besok mulai secara elektronik loh Sobat maior medis. Apa sih Surat Tanda Registrasi? Diartikel sebelumnya sudah beberapa kita singgung apa itu Surat Tanda Registrasi atau biasa di sebut dengan singkatan STR. Sebelumnya silahkan sobat bisa lihat lihat di artikel perbedaan SIK, SIP dan STRĀ 

Sobat juga bisa baca baca di artikel pengajuan verifikasi perpanjang STR

okay jadi di arikel kali kita berbagi informasi berkenaan dengan surat edaran tentang penerbitan surat tanda registrasi elektronik dari kementrian kesehatan republik indonesia.

Surat Edaran Nomor KT.05.02/1/3326/2021 tentang penerbitan surat tanda registrasi elektronik (e-STR)

beberapa poin isi dalam edaran tersebut berisikan tentang:

  1. Penerbitan Surat Tanda Registrasi (STR) Tenaga Kesehatan yang telah memenuhi persyaratan, akan diterbitkan secar elektronik (e-STR)
  2. Tenaga Kesehatan dapat mencetak e-STR ditempat masing-masing dengan menggunakan printer warna dan kertas A4 80 gram, setelah proses penandatanganan elektronik oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI).
  3. Untuk cetak e-STR dan legalisir STR, Tenaga Kesehatan hanya dapat melakukan 1(satu) kali cetak e-STR dan 2(dua) kali Cetak Legalisir STR.
  4. Hasil cetak e-STR dinyatakan telah memiliki kekuatan hukum dan dapat digunakan dalam persyaratan yang membutuhkan lampiran STR Tenaga Kesehatan.
  5. Validasi keabsahan data STR tenaga kesehatan dapat dilakukan dengan cara scan QR code e-STR yang nantinya terhubung melalui website ktki.kemkes.go.id disana dapat diketahui status dokumen aktif, tidak aktif, atau data STR tidak ditemukan.

Apakah Semua tenaga kesehatan harus cetak e-STR?

menurut pandangan Penulis e-STR diperuntukan bagi Tenaga Kesehatan yang sedang membuat atau memperpanjang masa berlaku STR pertanggal 1 juni 2021, jadi sobat Tenaga kesehatan yang STR nya terbit sebelum tanggal 1 juni 2021 sudah mempunyai STR draf biasa, namun data data nya ikut update data ktki.

jadi sobat yang harus mencetak e-STR adalah sobat tenaga kesehatan yang dalam pengurusan STR di 01 juni 2021 berjalan atau dalam proses.

Bagaimana cara cetak e-STR?

Sobat tenaga kesehatan semua tentunya harus :

  1. Login dengan email dan pin yang telah didapat sebelumnya di website mtki.
  2. jika sudah proses pengajuan atau perpanjangan dan selsai sampai tahap 4 dan proses di tahap 5 maka untuk mencetaknya sobat cukup masuk ke menu cek status kemudian nanti ada pilihan cetak E-STR
  3. setelah itu sobat akan mendapatkan Kode One Time Password (OTP) berupa 6 digit angka yang dikirim ke email yang mana berlakunya OTP tersebut hanya 5 menit
  4. kemudian sobat akan diarahkan untuk melakukan “test print” terlebih dahulu, hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan print.
  5. perlu diingat jadi nantinya masing masing dokumen hanya bisa di cetak Satu kali.
  6. Nanti akan ada 3 menu cetak yaitu E-STR, Legalisir 1, Legalisir 2, yang hanya bisa satu kali di cetak/ diprint.

Itulah isi singkat dari edaran surat tanda registrasi tenaga kesehatan elektronik, untuk lebih lanjut sobat dapat baca- baca surat edarannya

 

Sobat dalam proses Perpanjang STR pun ada langkah salah satunya upload setifikat yang mana sobat bisa lihat tutorialnya disini

Leave a Reply