Perbedaan SIK, SIP dan STR perekam medis ?

Perbedaan SIK, SIP dan STR perekam medis ?

Berbicara tentang surat izin tenaga kesehatan pernah gak sobat  terpikir apa sih perbedaan antara SIK , SIP dan STR? – Tidak sedikit yang bingung soal perbedaan antaraperbedan SIP dan STR ? perbedaan SIK dan STR ? SIP dan SIK ?  ada sebagian dari tenaga kesehatan yang bilang kalau SIK dan SIP keduanya memiliki arti yang sama namun ada pula yang memiliki pengartian sendiri dalam membedakan antara keduanya. Nah maka dari pada itu untuk menyamakan persepsi yang tepat tentang Perbedaan STR, SIK dan SIP, maiormedis akan membagikan beberapa informasi tentang perbedaan diantara ketiganya.

 

SIP SIK STR perekam medis

STR Perekam Medis

 

Perbedaan SIK dan SIP serta STR perekam medis

Perbedaan signifikan SIK dan SIP berdasarkan situs DPMPTSP. Surat Ijin Kerja (SIK) adalah bukti tertulis atau semacam surat yng diterbitkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menurut wilayah kerjanya yng kemudian diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes) seperti perekam medis, bidan, perawat, asisten apoteker, refraksionis optisien, radiografer, fisioterapi, ATML analis lab, dan tenaga kesehatan lainnya. Sedangkan SIP adalah singkatan dari Surat Izin Praktek. Memiliki pengertian yang sama dengan SIK. Yaitu surat dari pemerintah untuk tenaga kesehatan (nakes) seperti dokter dan dokter gigi, apoteker dan lainnya.Jika sekarang sobat mengajukan SIK ataupun SIP ke DPMPTSP maka sobat akan mendapatkan surat yang diterbitkan tertulis : SURAT IJIN PRAKTEK (SIP) profesi nya sobat.

Merujuk pada  undang – undang no 36 tahun 2014 tentang tenaga kesehatan pasal 1 ayat 11  Surat Izin Praktik yang selanjutnya disingkat SIP adalah bukti tertulis yang diberikan oleh pemerintah daerah kabupaten/kota kepada Tenaga Kesehatan sebagai pemberian kewenangan untuk menjalankan praktik.serta pada peraturan menteri kesehatan republik indonesia  nomor 55 tahun 2013 tentang penyelenggaraaan pekerjaan perekam medis pasal 1 (satu) ayat 6 (enam)  Surat Izin Kerja Perekam Medis yang selanjutnya disingkat SIK Perekam Medis yaitu merupakan bukti tertulis yang diberikan untuk menjalankan pekerjaan rekam medis dan informasi kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Selanjutnya STR masih di peraturan menteri kesehatan republik indonesia  nomor 55 tahun 2013 tentang penyelenggaraaan pekerjaan perekam medis pasal 1 ayat 5 Surat Tanda Registrasi Perekam Medis yang selanjutnya disebut STR Perekam Medis adalah merupakan bukti tertulis yang diberikan oleh Pemerintah kepada seorang Perekam Medis yang telah memiliki sertifikat kompetensi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Okay sobat…

Jadi, sobat sudah tidak perlu galau lagi, karena yang membedakan hanya penulisannya saja. Bila masih ada yang bertanya apa bedanya SIK dengan SIP, jawab saja beda di huruf sambil senyum.

Untuk lebih mengenal surat ini, mungkin sobat perlu tahu masa berlakunya

Berapa Lama Masa Berlaku SIP ?

Untuk yang satu ini, kita akan merujuk pada Permenkes Nomor 2052 Tahun 2011 pasal 13 dan 14. Dalam permenkes tersebut tertulis untuk masa berlaku SIP atau Surat Izin Praktek adalah 5 tahun dan mengikuti masa aktif STR atau Surat Tanda Registrasi. Jadi setelah pertama kali sobat mendapat SIP maka akan terus aktif dan mengikuti masa berlakunya STR milik sobat. Bisa diperpanjang apabila semua syarat terpenuhi.

Bagaimana Cara Mendapatkan SIP ?

Untuk mendapatkan SIP sobat  bisa mengunjungi situs DPMPTSP sesuai dengan tempat di mana sobat bekerja. Di sana akan tertulis semua syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan permohonan Surat Izin Praktek sesuai dengan Profesi sobat. Namun syarat yang paling penting untuk pengajukan SIP adalah sobat sudah mempunyai STR, sobat sudah bekerja di fasyankes, sobat mempunyai surat rekomendasi dari organisasi profesi.

Jadi apa yang dapat kita simpulkan?

SIP dan SIK merupakan Surat Izin berupa bukti tertulis dari pemerintah daerah terkait kepada tenaga kesehatan untuk melakukan tugasnya, yang mana syarat untuk mendapatkan surat izin tersebut harus mempunyai STR sebagai bukti telah teregistrasi sebagai tenaga kesehatan.

Ohh iya sobat maior medis gomongin rekam medis , STR itu juga berkaitan dengan akun Cpd online loh sobat, tahu gak kenapa? sobat bisa cek disini

atau langsunguntuk tau standar rekam medis sobat juga bisa lihat disini

Leave a Reply