Penundaan Pengumuman Hasil Sanggah Seleksi Administrasi CPNS Badan Kepegawaian Negara, Ada yang perlu Sobat Perhatikan!

MASA SANGGAH Diperpanjang , Ada Yang Gak Biasa Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengikuti Test.

Selamat untuk Sobat maior medis semua yang mengikuti Seleksi perekrutan  SSCASN tahun anggaran 2021 yang telah Lulus seleksi Administrasi, Semoga dilancarkan dan mendapatkan Hasil yang memuaskan untuk sobat semua. Untuk sobat yang mengalami masalah Tidak Memenuhi Syarat namun yakin telah mengikuti prosedur dengan benar maka sobat dapat melakukan SANGGAH karena masa sanggah diperpanjang dan jika Sobat bingung cara Sanggahnya bagaimana? Sobat lihat disini

Gambar dari web BKN pengumuman hasil sanggah

Berdasarkan pengumuman yang di post di website resmi BKN pada tangggal 15 Agustus 2021 dengan judul Penundaan pengumuman hasil sanggah seleksi administrasi CPNS badan kepegawaian negara yang mana isinya merujuk pada pengumunan ketua panitia seleksi pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Kepegawaian Negara (BKN) tahun anggaran 2021 Nomor: 03/PANPEL.BKN/CPNS/VIII/2021 tanggal 02 Agustus 2021 tentang Hasil Seleksi Administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil Badan Kepegawaian Negara, dengan ini kami informasikan bahwa pengumuman hasil sanggah seleksi administrasi CPNS BKN T.A 2021 yang semula dijadwalkan tanggal 15 Agustus 2021 ditunda menjadi tanggal 20 Agustus 2021.

Nah untuk Sobat yang belum melakukan masa sanggah atau waswas dengan jawaban masa sanggah jadi lebih tenang karena waktunya ditunda sampai dengan tanggal 20 Agustus 2021. Untuk setiap Informasi lengkap bisa di lihat di website bkn.go.id dan Sobat juga langsung lihat di akun sscasn sobat dengan melakukan Login serta pengumuman di instansi-instansi terkait yang sobat lamar. Meskipun Sobat Sudah Tahu LULUS Tahap Administrasi tapi tahu gak ada yang perlu Sobat Perhatikan Sebelum keluar jadwal Test, selain Cetak Kartu Peserta?

Apa Sebenarnya yang perlu diperhatikan? yuk lanjutt….

Posted by Taufik Gani in CPNS, 0 comments

CARA SANGGAH CPNS 2021

CARA MENGAJUKAN SANGGAH DI SSCASN

Sobat maiormedis sebagaimana kita tahu bahwa dalam proses seleksi CPNS terdapat beberapa tahapan seperti halnya di bulan Agustus 2021 ini terdapat beberapa rincian kegiatan yaitu:

  • masa pengajuan sanggah oleh pelamar  :4-6 agustus 2021
  • jawaban sanggah oleh instansi : 4- 13 agustus 2021
  • pengumuman pasca sanggah : 15 agustus 2021

kenapa sobat harus melakukan sanggah ?

Sobat dapat melakukan sanggah karena sobat telah yakin dan benar bahwa persyaratan yang sobat upload tersebut telah sesuai dengan yang diminta. Hal tersebut bisa sobat lihat terlebih dahulu di menu lihat yang tersedia di halaman sanggah.

Pengajuan sanggah dilakukan secara online melalui sscasn.bkn.go.id . dengan langkah sebagai berikut:

  • Sobat login di sscasn.bkn.go.id
  • Setelah login sobat dapat melihat alasan kenapa sobat dinyatakan tidak lolos dan tersedia button “Ajukan sanggah”
  • Sobat tinggal klik Button tersebut maka akan di arahkan ke halaman sanggah
  • Sobat tinggal isi alasan sanggah di kolom yang telah disediakan.
  • Jika sudah maka sobat tinggal mengisi ceklis tanda sudah yakin dengan sanggahan sobat. kemudian “akhiri proses sanggah”

Nah begitulah cara Ajukan Sanggah di SSCASN 2021, yang perlu di perhatikan adalah jika data yang sobat upload sudah benar- benar sesuai saat pertama kali upload. karena jika memang kesalahan sobat terjadi pada upload maka hal tersebut tidak akan mengubah keputusan tim verifikator.

Sobat juga dapat menemukan informasi lainnya di maiormedis.com serta Youtube maiormedis

Posted by Taufik Gani in CPNS, 0 comments

CARA MENCETAK SERTIFIKAT VAKSINASI TANPA RIBET

CARA MENCETAK SERTIFIKAT VAKSINASI TANPA RIBET

Hallo sobat Maiormedis saat ini  vaksinasi merupakan hal yang penting karena telah menjadi persyaratan di berbagai bidang. Namun tidak semua orang tahu bagaimana cara mencetak sertifikat vaksin tersebut. Di Artikel kali ini maiormedis akan berbagi bagaimana cara mencetak sertifikat vaksinasi tanpa harus download aplikasi apapun, yaitu dengan  mengunjungi situs pedulilindungi.id

Sebenarnya banyak cara seperti melalu sms di getget atau dengan mendownload aplikasi yang nanti di instal di getget sobat. Namun karena hal ini hanya sesekali maka maiormedis mengambil cara langsung mengunjungi web untuk mencetaknya karena hal tersebut lebih mudah dan praktis tanpa banyak menggunakan aplikasi dan ruang memori getget kita dan dengan cara mengunjungi web pedulilindungi mudah dapat di akses dimana saja. Bagaimana caranya yaitu sebagai berikut:

  • Buka browser di getget atau pc sobat ketikan di mesin pencarian pedulilindungi.id atau langsung klik tautan ini
  • Dihalaman beranda tersebut sobat tinggal  pilih cek sertifikat anda yang terletak di bagian atas halaman, atau klik disini
  • Masukan Nomor Hp yang didaftarkan pada saat vaksinasi, kemudian klik masuk
  • Tunggu beberapa saat untuk mendapatkan KODE OTP yang dikirim ke nomor sobat
  • Masukan kode OTP yang sobat dapat sebagai proses verifikasi
  • berhasil masuk nanti sobat klik profil pilih menu serifikat vaksin
  • Maka sobat akan mendapatkan informasi sertivikat vaksin nya
  • Sobat tinggal pilih mana yang akan sobat unduh untuk dicetak
  • Selesai Sobat sudah mendapatkan file Sertifikat vaksin sobat.

Nah begitulah cara mencetak sertifikat vaksin, sobat juga dapat membaca2 artikel lainnya seperti pengajuan Verifikasi CPD ONLINE perpanjang STR di tautan ini serta informasi lainnya di maiormedis.com dan menonton di Youtube

 

Posted by Taufik Gani in Turorial, 1 comment

SURAT TANDA REGISTRASI ELEKTRONIK (e-STR)

E-STR Surat Tanda Registrasi Elektronik

Surat Tanda Registrasi mulai 01 juni 2021 besok mulai secara elektronik loh Sobat maior medis. Apa sih Surat Tanda Registrasi? Diartikel sebelumnya sudah beberapa kita singgung apa itu Surat Tanda Registrasi atau biasa di sebut dengan singkatan STR. Sebelumnya silahkan sobat bisa lihat lihat di artikel perbedaan SIK, SIP dan STR 

Sobat juga bisa baca baca di artikel pengajuan verifikasi perpanjang STR

okay jadi di arikel kali kita berbagi informasi berkenaan dengan surat edaran tentang penerbitan surat tanda registrasi elektronik dari kementrian kesehatan republik indonesia.

Surat Edaran Nomor KT.05.02/1/3326/2021 tentang penerbitan surat tanda registrasi elektronik (e-STR)

beberapa poin isi dalam edaran tersebut berisikan tentang:

  1. Penerbitan Surat Tanda Registrasi (STR) Tenaga Kesehatan yang telah memenuhi persyaratan, akan diterbitkan secar elektronik (e-STR)
  2. Tenaga Kesehatan dapat mencetak e-STR ditempat masing-masing dengan menggunakan printer warna dan kertas A4 80 gram, setelah proses penandatanganan elektronik oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI).
  3. Untuk cetak e-STR dan legalisir STR, Tenaga Kesehatan hanya dapat melakukan 1(satu) kali cetak e-STR dan 2(dua) kali Cetak Legalisir STR.
  4. Hasil cetak e-STR dinyatakan telah memiliki kekuatan hukum dan dapat digunakan dalam persyaratan yang membutuhkan lampiran STR Tenaga Kesehatan.
  5. Validasi keabsahan data STR tenaga kesehatan dapat dilakukan dengan cara scan QR code e-STR yang nantinya terhubung melalui website ktki.kemkes.go.id disana dapat diketahui status dokumen aktif, tidak aktif, atau data STR tidak ditemukan.

Apakah Semua tenaga kesehatan harus cetak e-STR?

menurut pandangan Penulis e-STR diperuntukan bagi Tenaga Kesehatan yang sedang membuat atau memperpanjang masa berlaku STR pertanggal 1 juni 2021, jadi sobat Tenaga kesehatan yang STR nya terbit sebelum tanggal 1 juni 2021 sudah mempunyai STR draf biasa, namun data data nya ikut update data ktki.

jadi sobat yang harus mencetak e-STR adalah sobat tenaga kesehatan yang dalam pengurusan STR di 01 juni 2021 berjalan atau dalam proses.

Bagaimana cara cetak e-STR?

Sobat tenaga kesehatan semua tentunya harus :

  1. Login dengan email dan pin yang telah didapat sebelumnya di website mtki.
  2. jika sudah proses pengajuan atau perpanjangan dan selsai sampai tahap 4 dan proses di tahap 5 maka untuk mencetaknya sobat cukup masuk ke menu cek status kemudian nanti ada pilihan cetak E-STR
  3. setelah itu sobat akan mendapatkan Kode One Time Password (OTP) berupa 6 digit angka yang dikirim ke email yang mana berlakunya OTP tersebut hanya 5 menit
  4. kemudian sobat akan diarahkan untuk melakukan “test print” terlebih dahulu, hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan print.
  5. perlu diingat jadi nantinya masing masing dokumen hanya bisa di cetak Satu kali.
  6. Nanti akan ada 3 menu cetak yaitu E-STR, Legalisir 1, Legalisir 2, yang hanya bisa satu kali di cetak/ diprint.

Itulah isi singkat dari edaran surat tanda registrasi tenaga kesehatan elektronik, untuk lebih lanjut sobat dapat baca- baca surat edarannya

 

Sobat dalam proses Perpanjang STR pun ada langkah salah satunya upload setifikat yang mana sobat bisa lihat tutorialnya disini

Posted by Taufik Gani in Turorial, 0 comments

Formasi ASN 2021 Perekam Medis

Hallo Sobat maiormedis untuk sobat PMIK perekam medis informasi kesehatan di seluruh penjuru alam semesta sobat pasti sudah menantikan informasi tentang pembukaan formasi ASN formasi CPNS formasi PPPK di tahun 2021, bukan hanya para profesi PMIK perekam medis saja yang menantikan pembukaan penerimaan CPNS atau ASN serta PPPK. Namun profesi profesi lainpun seperti profesi Guru, perawat, bidan, dokter, analis kesehatan, radiografer, apoteker, akuntan, serta professional lainnya tentunya sangat menantikan pembukaan penerimaan CPNS ASN ataupun PPPK ditahun 2021 ini. yuk simak lagsung saja yah sobat.

Gambar sscn.bkn.go.id

 

 

Sebelumnya sobat sudah tahu apa itu ASN? Apa itu CPNS? Apa itu PPPK?Apa sih perbedaan dari ketiganya?

CPNS / PNS atau yang kita kenal Calon Pegawai Negeri Sipil atau yang sekarang ini dikenal dengan ASN atau Aparatur Sipil Negara.

PNS adalah warga Negara Indonesia (WNI) yang memenuhi syarat tertentu dan diangkat sebagai Pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintah.

PPPK atau yang kita kenal dengan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

PPPK Merupakan  WNI yang memenuhi peryaratan tertentu dan diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintah.

Untuk mengikuti seleksi tersebut kita harus menyiapkan beberapa hal seperti data diri KTP dan KK yang benar yang terdaftar di dinas kependudukan dan catatan Sipil. Yang selanjutnya membuat akun dan melengkapi berkas berkas peryaratan dihalaman resmi penerimaan CPNS dari BKN Badan kepegawaian Negara yaitu sscn.bkn.go.id

Apa lagi sih yang perlu disiapkan?

Karena sekarang ini berbasis online jadi berkas berkas sobat yang perlu disiapkan harus discan yah sobat. Berkas berkas yang perlu di persiapkan secara umum antara lain KTP, Kartu Keluarga, Ijazah, transkrip nilai, pas foto latar merah, STR (tenaga kesehatan), SKCK, Surat Keterangan Sehat.

Pelaksanaan Seleksi 

Dalam pelaksanaan ujian seleksi dilakukan berbasis komputer atau yang dikenal dengan istilah Computer assisted test (CAT) BKN.

Semoga ditahun 2021 ini sobat maiormedis lolos jadi ASN yah… Amiin

Untuk informasi formasi CPNS lebih lanjut silahkan sobat bisa lihat Akses di link yang ada di bawah ini:

link

Untuk sobat maiormedis jangan lupa Bantu follow ig @maiormedis subscribe juga channel YouTube maiormedis

Untuk sobat maiormedis menambah referensi latihan soal persiapan seleksi CPNS bisa lihat di sini

 

Posted by Taufik Gani in CPNS, Rekam Medis, 0 comments

PENGAJUAN VERIFIKASI CPD ONLINE PERPANJANG STR

Akun CPD Online udah punya, sertifikat sudah di upload, dokumen persyaratan sudah dilengkapi tapi kok gak ada kelanjutan verifikasinya? kenapa yah?

sobat pasti bingung dong udah berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan berbulan- bulan tapi pengajuannya belum di verifikasi terus. Di artikel kali ini mari kita bahas pemecahan masalah tersebut yaitu dengan pengajuan verifikasi CPD Online untuk Perpanjang STR.

Namun langkah kali ini untuk sobat yang berada atau sebagai anggota PORMIKI Daerah DKI Jakarta. Jadi jika sobat mempunyai pengalaman lainnya untuk kasus serupa atau langkah serupa silahkan sobat komentar di kolom komentar atau bisa kirim langkah- langkah nya ke kontak kami di [email protected] agar bermanfaat untuk sobat lainnya.

Sebelum berbicara lebih jauh apa sih verifikasi cpd online? Kenapa cpd online harus diverifikasi? Kapan cpd online harus di verifikasi? siapa yang memverifikasi ?

bagaimana agar bisa di verifikasi atau sukses atau berhasil diferifikasi?

okay sobat kita bahas satu persatu.

Apa itu verifikasi CPD Online?

Melihat dari kamus besar bahasa indonesia (KBBI) Verifikasi merupakan pemeriksaan tentang kebenaran laporan, pernyataan, perhitungan uang dan sebagainya. CPD Online pormiki bisa dibaca-baca disini

Jadi verifikasi CPD online PORMIKI merupakan proses pemeriksaan yang dilakukan oleh tim verifikator CPD Online PORMIKI atas pengajuan berkas- berkas yang telah di ajukan dalam aplikasi CPD tersebut.

Kenapa CPD Online Harus di Verifikasi?

Bermula dari sebuah pengajuan yang kita ajukan yang mana hal tersebut harus mendapatkan suatu respond atau penerimaan pengajuan yang menghasilkan keabsahan atau kebenaran pembenaran atas pengajuan yang kita lakukan dari pihak yang kita mintai suatu pengajuan. Dalam proses tersebut maka dapat kita sebut diverifikasi, artinya pengajuan yang kita ajukan mendapatkan persetujuan atau pembenaran atas laporan, atau mendapatkan pernyataan kebenaran atas ajuan yang kita lakukan. Kenapa harus diverifikasi agar pihak pengajuan mendapat persetujuan atau pembenaran atas pengajuannya dan dapat melanjutkan proses pengajuannya ketahap yang selanjutnya. Dan tim Verifikator mengetahui bahwa ajuan kamu tidak keliru atau salah tempat  atau telah memenuhi syarat untuk melanjutkan ke tahap syang selanjutnya.

Kapan CPD Online Harus di Verifikasi?

Sebelum mendapatkan verifikasi tentunya kita harus menyiapkan dan melengkapi bahan yang mau di verifikasinya terlebih dahulu. Apa saja yang menjadi syarat ajuan tersebut. Salah satu yang perlu dilengkapi adalah Sertifikat kegiatan yang mempunyai nilai SKP, Kartu Keanggotaan, dan lain sebagainya. Nah apakah sobat telah melengkapi apa yang diperlukan Sertifikat misalnya? jika belum sobat bisa lihat disini

terus keanggotaan sobat gimana ? Waduh ternyata sobat keanggotaan sudah beda wilayah sekarang merantau kerjanya, untuk ngurus ke PORMIKI asal jauh dong. nah gak usah panik karena sobat tinggal mutasi keanggotaannya saja.

Caranya?

Caranya gampang tinggal masuk CPD Online sobat dan lakukan pengajuan mutasi. kalo masih bingung bisa lihat disini

hemmmh belum punya Akun!

waduuh…. tenang Sobat bisa di buat kok tinggal lihat disini dan lanjutannya disini

waaaahh mantap.

okay sudah lengkap semua bahannya Dokumen Persyaratannya jika sudah siap berarti ajuan sobat sudah siap untuk di verifikasi.

Jadi kapan CPD Online sobat Harus di Verifikasi? jawabannya adalah setelah berkas-berkas dan dokumen Persyaratannya sudah lengkap dilengkapi.

Siapa yang memverifikasi ?

Yang memverifikasi kelangkapan, kebenaran dan kesesuaian ajuan kita adalah Tim P2KB atau Tim Verifikator yang telah di tunjuk dan di berikan wewenang untuk melakukan tugasnya memverifikasi.

Bagaimana agar Ajuan Kita Bisa Sukses atau Berhasil di Verifikasi?

Untuk keberhasilan dalam proses Verifikasi bukanlah hal yang sulit, namun kadang kita lupa akan ketentuan ketentuan yang telah ditentukan. Maka untuk mencapai hasil yang diinginkan yaitu terverifikasi sempurna kunci utamanya adalah ikuti aturan yang telah ditetapkan.

Yang perlu sobat perhatikan yaitu

  • Biodata akun sudah sesuai
  • Iuran keanggotaan sudah lunas jika iuran sudah lunas namun aplikasi terdapat notifiksi eror lihat mengatasinya disini
  • Kebenaran berkas file atau dokumen seperti Sertifikat, Surat Keterangan, Izajah, STR, Pas Foto dll
  • Size atau ukuran file atau dokumen
  • Kesesuaian upload file atau dokumen jangan sampai sobat keliru “judul A” sedangkan file yang “diupload E”

Jika semuanya sudah siap maka agar ajuan kita dapat di verifikasi oleh Tim Verifikator kita lakukan pengajuan Verifikasi dengan cara

PENGAJUAN SURAT MENYURAT KE DPD DKI JAKARTA

Sobat tinggal mengunjungi website resmi dpd pormiki dki jakarta kemudian pilih menu hubungi kami kemudian pilih pengajuan surat atau sobat klik pengajuan surat diatas.

formulir pengajuan Verifikasi

pengajuan Verifikasi

Sebelum kehalaman pengajuan harap siapkan terlebih dahulu Screen shoot Kartu Tanda Anggota sobat cara melihat E-KTA bisa liahat disini Kemudian Screen shoot halaman CPD Online Sobat seperti ini

jika keduanya sudah siap maka tinggal lanjutkan pengajuan verifikasi cpd online PORMIKI

selain verifikasi CPD Online Pormiki Sobat juga bisa Pengajuan surat yang lainnya loh seperti

  • Surat Rekomendasi SIK/SIP
  • Surat Patuh Etika Profesi
  • Surat Mutasi
  • Legalisir STR
  • dan lain-lain

Kesimpulan

Untuk pengajuan Verifikasi CPD Online Pormiki dalam proses Perpanjang STR harus memperhatikan beberapa hal seperti yang dipaparkan diatas serta menyiapkan  file yang dibutuhkan secara lengkap baru dapat melakukan permohonan pengajuan Veriviksi tersebut di website DPD PORMIKI. Namun dalam hal ini penulis hanya membahas cakupannya untuk anggota yang terdaftar di DPD PORMIKI DKI, untuk sobat diluar wilayah DKI pengalaman pengajuannya bagaimana silahkan Hubungi kami [email protected] agar pengalaman kalian bisa bermanfaat juga untuk sobat yang memerlukan informasi tersebut.

kami juga mengajak sobat PMIK dimana seluruh dunia untuk ikut berpartisifasi berbagi informasi dan pengalamannya, yang nanti akan dipulikasikan di website maiormedis.com silahkan sobat hubungi kami [email protected] atau bisa chat langsung di media sosial kami disini

Posted by Taufik Gani in PORMIKI, Rekam Medis, Turorial, 0 comments

UPLOAD DOKUMEN PERSYARATAN P2KB DI CPD ONLINE PORMIKI

Berbicara soal Akun CPD ONLINE PORMIKI sobat maior medis pasti sudah pada tahu ini berkaitan dengan pengurusan STR.

yups… betul sekali karena untuk pengurusan STR para Profesi PMIK yaitu profesional perekam medis informasi kesehatan dalam pengurusan Surat Tanda Registrasi haruslah mempunyai atau terdaftar memiliki akun CPD ONLINE PORMIKI, kenapa demikian ? karena salah satu syarat untuk memperpanjang atau pembuatan STR para profesi PMIK harus memenuhi SKP yaitu Satuan Kredit Partisipasi yang dimana hal tersebut di Upload di akun CPD PORMIKI tersebut.

bagi sobat yang belum memiliki Akun CPD ONLINE PORMIKI namun bingung bagaimana membuatnya?

sobat dapat baca baca hal tersebut di sini

atau sobat tonton tutorialnya di sini

jika sobat sudah memilikinya maka sudah tidak asing dong di menu private area ada bagian P2KB terdapat beberapa menu yaitu

menu P2KB

  • petunjuk teknis
  • permohonan melakukan P2KB
  • borang pengisian
  • buku log
  • dokumen persyaratan
  • rangkuman penilaian P2KB

nah itulah menu dari P2KB ya sobat, pada artikel ini mari kita bahas salah satu dari menu tersebut yaitu Dokumen Persyaratan di Akun CPD Online PORMIKI.

Apa sih Dokumen Persyaratan P2KB ?

Pasti bertanya dulu dong sobat apa itu dokumen persyaratan P2KB, membaca dari petunjuk teknisnya di akun cpd online bahwa dokumen persyaratan P2KB merupakan berkas berkas yang diperlukan oleh tim dan komisi P2KB untuk menilai atau sebagai parameter dalam menentukan hasil evaluasi kegiatan P2KB anggota.

Apa saja Dokumen Persyaratan P2KB?

Dalam persyaratan P2KB yang menjadi Persyaratan yang perlu sobat Upload adalah

dokumen persyaratan p2kb

  • Surat Keterangan dari PORMIKI Cabang
  • Ijazah
  • STR
  • Surat Keterangan Sehat dari Institusi Kesehatan
  • Surat Keterangan Komisi Etik
  • Kartu Kenaggotaan Organisasi Profesi
  • lainnya

Nah itulah file atau berkas yang diperlukan oleh sobat agar bisa di upload sebagai Dokumen Persyaratan P2KB.

Dari mana mendapatkan berkas persyaratan P2KB tersebut?

Untuk memperoleh berkas persyaratan tersebut sobat bisa dapatkan dari berbagai tempat, hehehe

lanjutkan…

  • Surat Keterangan dari PORMIKI Cabang

Untuk Surat Keterangan dari PORMIKI Cabang sobat bisa menghubungi DPC atau DPD PORMIKI sobat terdaftar.

  • Ijazah

Untuk Ijazah sobat bisa dapatkan dengan cara Kuliah perguruan tinggi bisa di universitas, poltekes, akademi jenjang Diploma tiga DIII atau DIV atau S1 rekam medis informasi kesehatan dengan syarat anda Lulus  yah.

  • STR

Untuk STR sobat dapat diperoleh jika telah memiliki ijazah dan sertifikat uji kompetensi tenaga kesehatan yang mana STR tersebut diterbitkan olek DIKTI

  • Surat Keterangan Sehat dari Institusi Kesehatan

Untuk Surat keterangan sehat sobat silahkan mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat saya anjurkan ke fasilitas kesehatan pemerintah yah RSUD atau PUSKESMAS karena biasanya harus dari Institusu Kesehatan Pemerintah.

  • Surat Keterangan Komisi Etik

Untuk Surat Keterangan Komisi Etik sobat bisa dapatkan dengan menghubungi DPC atau DPD PORMIKI sobat terdaftar.

  • Kartu Kenaggotaan Organisasi Profesi

Untuk Kartu Kenaggotaan Organisasi Profesi sobat dapat akses di akun CPD ONLINE PORMIKI sobat di menu VIEW KTA. Bingung caranya bagaimana? Sobat silahkan cek disini

  • lainnya

Untuk lainnya sobat menunggu intruksi dari tim P2KB apa sobat perlu Upload dokumen persyartan lain atau tidak.

 

Dari beberapa file berkas dokumen diatas disudut pandang saya yang terpenting adalah Ijazah, STR, dan KTA.  Jadi Sobat prioritaskan terlebih dahulu berkas dokumen tersebut.

KESIMPULAN

Yang merupakan dokumen persyaratan P2KB di akun CPD Online PORMIKI adalah Surat Keterangan dari PORMIKI Cabang, Ijazah, STR, Surat Keterangan Sehat dari Institusi Kesehatan,Surat Keterangan Komisi Etik, Kartu Kenaggotaan Organisasi Profesi dan Lainnya jika ada permintaan khusus dari Tim P2KB.

Apa sobat timbul Pertanyaan Bagaimana cara Upload dokumen Persyaratan tersebut? yuk kita diskusi silahkan komen dibawah

Sobat silahkan Simak caranya di bawah ini

#DokumenPersyaratanP2KB #PORMIKI #CPDONLINE #maiormedis

Posted by Taufik Gani in Rekam Medis, 0 comments

Perbedaan SIK, SIP dan STR perekam medis ?

Perbedaan SIK, SIP dan STR perekam medis ?

Berbicara tentang surat izin tenaga kesehatan pernah gak sobat  terpikir apa sih perbedaan antara SIK , SIP dan STR? – Tidak sedikit yang bingung soal perbedaan antaraperbedan SIP dan STR ? perbedaan SIK dan STR ? SIP dan SIK ?  ada sebagian dari tenaga kesehatan yang bilang kalau SIK dan SIP keduanya memiliki arti yang sama namun ada pula yang memiliki pengartian sendiri dalam membedakan antara keduanya. Nah maka dari pada itu untuk menyamakan persepsi yang tepat tentang Perbedaan STR, SIK dan SIP, maiormedis akan membagikan beberapa informasi tentang perbedaan diantara ketiganya.

 

SIP SIK STR perekam medis

STR Perekam Medis

 

Perbedaan SIK dan SIP serta STR perekam medis

Perbedaan signifikan SIK dan SIP berdasarkan situs DPMPTSP. Surat Ijin Kerja (SIK) adalah bukti tertulis atau semacam surat yng diterbitkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menurut wilayah kerjanya yng kemudian diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes) seperti perekam medis, bidan, perawat, asisten apoteker, refraksionis optisien, radiografer, fisioterapi, ATML analis lab, dan tenaga kesehatan lainnya. Sedangkan SIP adalah singkatan dari Surat Izin Praktek. Memiliki pengertian yang sama dengan SIK. Yaitu surat dari pemerintah untuk tenaga kesehatan (nakes) seperti dokter dan dokter gigi, apoteker dan lainnya.Jika sekarang sobat mengajukan SIK ataupun SIP ke DPMPTSP maka sobat akan mendapatkan surat yang diterbitkan tertulis : SURAT IJIN PRAKTEK (SIP) profesi nya sobat.

Merujuk pada  undang – undang no 36 tahun 2014 tentang tenaga kesehatan pasal 1 ayat 11  Surat Izin Praktik yang selanjutnya disingkat SIP adalah bukti tertulis yang diberikan oleh pemerintah daerah kabupaten/kota kepada Tenaga Kesehatan sebagai pemberian kewenangan untuk menjalankan praktik.serta pada peraturan menteri kesehatan republik indonesia  nomor 55 tahun 2013 tentang penyelenggaraaan pekerjaan perekam medis pasal 1 (satu) ayat 6 (enam)  Surat Izin Kerja Perekam Medis yang selanjutnya disingkat SIK Perekam Medis yaitu merupakan bukti tertulis yang diberikan untuk menjalankan pekerjaan rekam medis dan informasi kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Selanjutnya STR masih di peraturan menteri kesehatan republik indonesia  nomor 55 tahun 2013 tentang penyelenggaraaan pekerjaan perekam medis pasal 1 ayat 5 Surat Tanda Registrasi Perekam Medis yang selanjutnya disebut STR Perekam Medis adalah merupakan bukti tertulis yang diberikan oleh Pemerintah kepada seorang Perekam Medis yang telah memiliki sertifikat kompetensi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Okay sobat…

Jadi, sobat sudah tidak perlu galau lagi, karena yang membedakan hanya penulisannya saja. Bila masih ada yang bertanya apa bedanya SIK dengan SIP, jawab saja beda di huruf sambil senyum.

Untuk lebih mengenal surat ini, mungkin sobat perlu tahu masa berlakunya

Berapa Lama Masa Berlaku SIP ?

Untuk yang satu ini, kita akan merujuk pada Permenkes Nomor 2052 Tahun 2011 pasal 13 dan 14. Dalam permenkes tersebut tertulis untuk masa berlaku SIP atau Surat Izin Praktek adalah 5 tahun dan mengikuti masa aktif STR atau Surat Tanda Registrasi. Jadi setelah pertama kali sobat mendapat SIP maka akan terus aktif dan mengikuti masa berlakunya STR milik sobat. Bisa diperpanjang apabila semua syarat terpenuhi.

Bagaimana Cara Mendapatkan SIP ?

Untuk mendapatkan SIP sobat  bisa mengunjungi situs DPMPTSP sesuai dengan tempat di mana sobat bekerja. Di sana akan tertulis semua syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan permohonan Surat Izin Praktek sesuai dengan Profesi sobat. Namun syarat yang paling penting untuk pengajukan SIP adalah sobat sudah mempunyai STR, sobat sudah bekerja di fasyankes, sobat mempunyai surat rekomendasi dari organisasi profesi.

Jadi apa yang dapat kita simpulkan?

SIP dan SIK merupakan Surat Izin berupa bukti tertulis dari pemerintah daerah terkait kepada tenaga kesehatan untuk melakukan tugasnya, yang mana syarat untuk mendapatkan surat izin tersebut harus mempunyai STR sebagai bukti telah teregistrasi sebagai tenaga kesehatan.

Ohh iya sobat maior medis gomongin rekam medis , STR itu juga berkaitan dengan akun Cpd online loh sobat, tahu gak kenapa? sobat bisa cek disini

atau langsunguntuk tau standar rekam medis sobat juga bisa lihat disini

Posted by Taufik Gani in Rekam Medis, 0 comments

Apa Itu Rekam Medis?

Istilah rekam medis, kamu tau apa itu rekam medis dan informasi kesehatan? bagian di rumah sakit yang jarang terlihat

Artikel tentang rekam medis ini merupakan catatan yang di tulis oleh seorang perekam medis dan informasi kesehatan

Dia sedang mencoba menjelaskan secara lebih detail mengenai apa itu rekam medis, kegunaan dari rekam medis itu sendiri, dan kuliah rekam medis yang bagus di kampus mana, nanti setelah lulus kuliah dan menjadi fresh graduate pekerjaan rekam medis seperti apa
Nanti kita bahas semua satu-persatu ya, mungkin artikel rekam medis ini sedikit panjang, tapi semoga yang membaca tidak merasa bosan

Yang Dimaksud Rekam Medis

Apa yang dimaksud dengan rekam medis? Rekam medis itu dokumen berisi riyawat /histori kesehatan seorang pasien yang baru atau pernah berobat ke rumah sakit /fasilitas kesehatan lainnya

Berkas rekam medis di sini biasanya dalam bentuk map /buku, kalau kamu pernah berobat atau mengantar orang berobat ke rumah sakit, lalu kamu akan melihat dokter menulis catatan di buku, itu namanya berkas rekam medis
Tapi, jika rumah sakit sudah menggunakan teknologi rekam medis elektronik, catatan kesehatan pasien akan langsung diketik di sistem komputer (biasa disebut EMR), jadi tidak ada lagi berkas yang bisa kamu lihat

Dan, semua itu sudah diatur dalam undang-undang, permenkes, dan peraturan lainnya

Secara teori lebih mendetail, Rekam medis adalah berkas isinya catatan dan dokumen berkenaan identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan serta pelayanan lainnya setelah diberikan kepada seorang pasien.

Catatan rekam medis bisa dalam bentuk dokumen fisik, maupun bentuk digital terkomputerisasi atau rekam medis elektronik (EMR)

Elektronik rekam medis adalah suatu sistem informasi kesehatan menggunakan teknologi terkomputerisasi atau bentuk digital, yang berguna, berfungsi dan tujuannya sama seperti rekam medis non elektronik

Begitulah teori ditulis, selanjutnya kegunaan. Jadi sebenarnya ngapain si ada rekam medis, apa kegunaannya?

Kegunaan Rekam Medis

Untuk apa rekam medis?, orang berobat ke rumah sakit harus dicatat di rekam medis

Rekam medis itu banyak banget kegunaan dan manfaatnya, salah satunya untuk melindungi si pasien itu sendiri.

Selengkapnya di bawah ini

Kegunaan rekam medis yaitu demi memenuhi 6 aspek, antara lain kegunaan dalam aspek administrasi, hukum, keuangan, penelitian, pendidikan, dan dokumentasi atau biasa dikenal dengan ALFRED (administration, legal, financial, research, education, documentation)

Administrasi : isinya terkait tindakan berdasarkan otoritas dan tanggung jawab sebagai tenaga kesehatan ataupun paramedis dalam mencapai tujuan pelayanan kesehatan

Hukum : menyangkut masalah adanya jaminan kepastian hukum atas dasar keadilan, dalam rangka usaha menegakkan hukum serta penyediaan bahan sebagai tanda bukti untuk menegakkan keadilan atas suatu kejadian

Keuangan : terdapat tindakan penanganan medis oleh profesional, penggunaan obat dan alat kesehatan lain yang memiliki nilai bayar

Penelitian : data serta informasi di dalamnya dapat dimanfaatkan dalam mendukung suatu pengembangan iptek

Pendidikan : sebagai bahan ajar dan referensi pendidikan profesi kesehatan

Dokumentasi : sebagai sumber ingatan yang harus terdokumentasi dalam suatu periode

Ternyata begitu banyak kegunaan, dan manfaat dari rekam medis

Namun, untuk dapat mencapai 6 aspek di atas, penyelenggaraan rekam medis mesti di kerjakan oleh orang yang memang ahli di bidang rekam medis, yaitu Perekam Medis dan Informasi Kesehatan atau petugas rekam medis

Apa saja yang dikerjakan perekam medis, demi tercapainya ALFRED seperti yang sudah disebut di atas?

Pekerjaan Rekam Medis

Jadi, Pekerjaan rekam medis itu meliputi apa-apa saja yang ditugaskan dan harus diselesaikan sesuai jabatannya

Jabatan rekam medis ada dua, yaitu rekam medis teknisi dan rekam medis supervisi

Rekam medis teknisi

Teknisi rekam medis adalah orang yang sudah lulus minimal D3 rekam medis & informasi kesehatan dan memiliki gelar A.Md.RMIK. Istilah kerennya Medical Record Technician

Tugas rekam medis teknisi :

Menyimpan serta menyediakan dokumen kesehatan pasien saat dibutuhkan (retrieval dan distribusi)

Memastikan berkas rekam medis telah ditulis selengkap mungkin oleh dokter dan PPA

Memberi kode penyakit dan tindakan yang telah diberikan ke pasien (koding sesuai kaidah dan pedoman ICD 10 & ICD sembilan) secara manual dan atau elektronik

Memastikan seluruh berkas yang keluar dari tempat penyimpanan telah kembali secara utuh sesuai ketentuan

Melakukan review rekam medis
Menerima pengajuan terkait klaim asuransi dari pasien sendiri /wali sesuai ketentuan (korespondensi)

Membuat laporan bulanan, triwulan, tahunan, serta laporan lain sesuai ketentuan

Bekerja sesuai pedoman dan standar operasional prosedur yang ditetapkan rumah sakit

Rekam medis supervisi

Supervisi rekam medis adalah dianyang sudah meluluskan pendidikan S1 /D4 rekam medis dan informasi kesehatan. Istilah kerennya Medical Record Supervisor

Tugas rekam medis supervisi :

  • Memberi motivasi dan semangat ke staf
  • Merancang serta mengevaluasi program tetap, kebijakan, rencana kerja, rencana anggaran tahunan, rencana pelaksanaan departemen-nya
  • Menyusun usulan kebutuhan dan pengembangan ketenagaan departemen
  • Menyiapkan bahan laporan internal dan eksternal
  • Memonitor dan mengevaluasi kinerja staf dan penyelenggaraan departemen
  • Yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan departemennya, yaitu departemen rekam medis
  • Bekerja sesuai pedoman dan standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan rumah sakit

Itu tadi yang dikerjakan perekam medis secara garis besar. Setiap rumah sakit tentu memiliki Pedoman dan SOP Rekam Medis yang berbeda dengan fasilitas pelayanan kesehatan lain. Tetapi akan selalu mengacu pada peraturan perundangan yang berlaku di indonesia

Untuk bisa bekerja sebagai perekam medis, harus kuliah dan lulus terlebih dahulu. Di bawah ini list kampus yang memiliki jurusan atau program studi (prodi) rekam medis dan informasi kesehatan

Kuliah Jurusan Rekam Medis

Sebelum mengambil kampus untuk kuliah rekam medis, dan agar dapat lulus seperti yang diharapkan, Kamu wajib melakukan cek terlebih dahulu, apakah kampus yang kamu pinang sudah memiliki ijin dari kementerian pendidikan serta terakreditasi sesuai peraturan perundangan

Cara ceknya, kamu bisa dengan menanyakan ke pihak kampus dan jangan lupa cek juga di website forlap.kemdikbud.go.id

Kampus yang mempunyai jurusan atau prodi rekam medis, di bawah ini

Daftar Kampus Rekam Medis di indonesia

Universitas Rekam Medis

Universitas Esa Unggul, Jakarta

Universitas Dadjah Mada, Yogyakarta

Universitas Dian Nuswantoro, Semarang

Sekolah Tinggi Rekam Medis

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kharisma Persada, Tangerang

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Permata Medika

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang, Malang

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Cipta Husada, Malang

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharma Landbouw, Padang

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santo Borromeus, Bandung

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panakkukang Makassar, Makassar

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yayasan Rs. Dr. Soetomo Surabaya, Surabaya

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Qamarul Huda, Lombok

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hakli, Semarang

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Permata Medika, Tangerang

Politeknik Rekam Medis

Politeknik Piksi Ganesha, Bandung

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang

Politeknik Kesehatan Permata Indonesia Yogyakarta

Poltekkes Kemenkes Malang

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Tasikmalaya kampus Cirebon

Politeknik Kesehatan Kemenkes Tasikmalaya

Politeknik Unggulan Kalimantan Banjarmasin

Politeknik Kesehatan Bhakti Setya Indonesia, Yogyakarta

Akademi Perekam Medis Dan Informatika Kesehatan Bandung, Bandung

Posted by Aji in Rekam Medis, 0 comments

FAMILY FOLDER REKAM MEDIS

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, penyimpanan rekam medis merupakan penyimpanan dan penataan berkas rekam medis untuk mempermudah pengambilan kembali rekam medis pada saat pasien berkunjung untuk berobat.

Pada umumnya, penyimpanan rekam medis dilakukan dengan metode Personal Folder atau setiap pasien memiliki folder/map sendiri. Peronal Folder adalah jenis penyimpanan berkas rekam medis dimana satu berkas rekam medis digunakan oleh satu pasien sejak awal hingga akhir perawatan diberikan, maupun sejak pasien mendaftar pertama kali hingga pasien menjadi pasien inaktif.
Pernahkan kamu mendengar tentang bentuk penyimpanan dengan cara FAMILY FOLDER? Family folder umumnya diterapkan di puskesmas. Namun tidak semua puskesmas menerapkan metode penyimpanan Family Folder. Apa itu metode penyimpanan Family Folder?
Sistem family folder adalah penyimpanan satu rekam medis digunakan oleh satu keluarga dan dimasing-masing formulir diberi kode khusus untuk menandai kode rekam medis ayah, ibu dan anak.
Pada dasarnya, Permenkes No. 269 Tahun 2008 jelas mengatur mengenai lama penyimpanan rekam medis. Hal ini tertuang dalam BAB IV mengenai Penyimpanan, Pemusnahan dan Kerahasiaan:

  1. Penyimpanan di rs minimal 5 tahun kecuali ringkasan pulang dan persetujuan tindakan medik harus disimpan selama 10 tahun.
  2. Penyimpanan rekam medis pada sarana pelayanan kesehatan non rs minimal 2 tahun.

Hanya saja pada BAB VI mengenai Pengorganisasian, dijelakan bahwa pengelolaan rekam medis dilaksanakan sesuai dengan organisasi dan tata kerja sarana pelayanan kesehatan.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam Permenkes No. 269 Tahun 2008 tidak mengatur metode penyimpanan paling ideal pada satu sarana pelayanan kesehatan. Penggunaan metode penyimpanan baik personal folder maupun family folder disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing sarana pelayanan kesehatan.
Artinya, dalam hal penyediaan dan penyimpanan berkas rekam medis diserahkan kepada masing-masing sarana pelayanan kesehatan sesuai dengan kemampuan. Hal ini dapat diterapkan selama tidak menyalahi peraturan yang berlaku.
Lalu, apa saja sih peraturan mengenai penyimpanan berkas rekam medis?
Sampai dengan artikel ini dibuat, peraturan yang mengatur penyelenggaraan rekam medis dan relevan dengan tema artikel ini, antara lain :

  1. Undang-undang Nomor 29 tahun 2004 tentang Praktek Kedokteran
  2. Undang-undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.
  3. Undang-undang Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit
  4. Peraturan Menteri Kesahatan RI Nomor 269/MENKES/PER/III/2008 tentang Rekam Medis
  5. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 75 TAHUN 2014 TENTANG PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT
  6. PermenkesNomor55 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Perekam Medis
  7. Pedoman Pengeloaan Rekam Medis Di Rumah Sakit Indonesia Tahun 1997, Departemen Kesehatan.

Kenapa sih Cuma puskesmas yang menerapkan metode penyimpanan dengan family folder ini?

Kenapa rumah sakit ga menerapkan seperti ini juga?

Yuk cari tahu!!

Menurut Budi (2011) dalam Gunarti, dkk (2016) Pengelolaan rekam medis di Puskesmas yang paling tepat adalah system penyimpanan wilayah atau sering disebut dengan sistem family folder. Umumnya dalam satu rekam medis digunakan oleh satu keluarga dan dimasing-masing formulir diberi tambahan kode khusus untuk menandai kode rekam medis ayah, ibu, dan anak. Pengelolaan rekam medis ini digunakan Puskesmas karena terkait dengan tugas Puskesmas yang bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya sehingga dengan sistem ini akan diketahui banyaknya masyarakat yang berobat atau sakit dari masing-masing wilayah dan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan penanganan kesehatan diwilayah tersebut baik oleh Puskesmas maupun Dinas Kesehatan. Sistem penyimpanan berdasarkan wilayah merupakan jenis penyimpanan rekam medis berdasarkan wilayah yang ada dilingkup fasilitas pelayanan kesehatan berada. Tempat untuk penyimpanan rekam medis akan dikelompokkan berdasarkan nama wilayah yang ada sehingga rekam medis pasien akan disimpan berdasarkan wilayah tempat tinggalnya.
Jadi, terjawab ya alasan beberapa puskesmas menerapkan metode penyimpanan dengan menggunakan Family Folder.
Lalu bagaimana penomoran yang digunakan di sarana kesehatan dengan metode penyimpanan Family Folder?
Penomoran rekam medis terdiri dari 6 angka (digit) yang terbagi menjadi 3 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari dua angka. Dengan demikian maka dijumpai kelompok angka awal, angka tengah dan angka akhir. Enam angka tersebut dimulai dari 00-00-01 s/d 99-99-99. Contoh untuk membedakan kelompok angka tersebut, misalnya pada nomor rekam medis 48-12-06, berarti kelompok awal angka 48, kelompok tengah angka 12 dari kelompok angka akhir 06. menurut Budi (2011) dalam Gunarti, dkk (2016).
Berdasarkan jurnal yang menjadi salah satu referensi dalam penulisan artikel ini dijelaskan penomoran yang digunakan pada Puskesmas yang menjadi objek penelitian dengan metode penyimpanan rekam medis Family Folder.
Nomor register berisikan data nomor rekam medis milik pasien yang terdiri dari kode wilayah, nomor indeks dan kode formulir atau lembar kepemilikan status.
Bingung? Yuk simak contoh dibawah.
Misalkan wilayah kerja puskesmas tersebut meliputi 5 Kelurahan, maka akan diberi kode wilayah tersendiri untuk masing-masing kelurahan.

Nomor Indeks merupakan nomor yang diberikan oleh puskesmas tersebut berdasarkan alokasi nomor KIUP. Masing-masing keluarga akan diberikan 1 nomor indeks dengan cara mengidentifikasi kepala keluarga.
Yang terakhir adalah kode formulir. Kode formulir disini lebih diartikan sebagai kode kepemilikan status, misalnya kepala keluarga (ayah/suami) diberikan kode 01, ibu/istri diberi kode 02, anak pertama diberi kode 03, anak kedua diberi kode 04, dst.
Dalam penelitian yang dilakukan di Puskesmas tersebut, setiap wilayah/keluarahan mempunyai kode masing-masing dan disimpan pada rak penyimpanan yang berbeda. Bila dalam penjajaran rekam medis dengan TDF (Terminal Digit Filling) kita mengenal sistem pemberian warna berdasarkan angka akhir, dalam metode Family Folder pun kita dapat menerapkan hal tersebut. Puskesmas tersebut menerapkan penggunaan warna map yang berbeda pada masing-masing wilayah berdasarkan kode wilayah.
Namun dari dua jurnal dijadikan sumber penulisan artikel, pemberian warna berdasarkan kode wilayah masih tidak menjamin terjadinya missfile. Dalam penelitian yang dilakukan masih ada terlihat beberapa map rekam medis yang diletakkan di rak penyimpanan yang bukan di wilayah seharusnya.
Keuntungan menggunakan metode Family Folder di Puskesmas:

  • mempermudah dokumentasi rekam medis per-kepala keluarga di setiap wilayah kerja Puskesmas.
  • Memudahkan untuk pengalokasian masalah SIMPUS.

Kalau dengan penggunaan Family Folder di Puskesmas ternyata memiliki keuntungan, lalu kenapa tidak semua puskesmas menerapkan metode seperti ini?
Balik lagi ke peraturan yang menjadi dasar hukum penyelenggaraan rekam medis ya, guys. Yuk diintip.
Dalam Permenkes no 75 tahun 2015 tentang Puskesmas di pasal 7 poin F tertulis bahwa puskesmas diharuskan melaksanakan rekam medis. Dalam permenkes tersebut tidak disebutkan sistem yang harus diterapkan seperti apa. Sehingga tidak ada kewajiban bagi puskesmas untuk menerapkan metode Family Folder ini. Dikembalikan pada sarana kesehatannya masing-masing agar penyelenggaraan rekam medis dapat sejalan dengan Visi, Misi dan Tujuan puskesmas tersebut. Tidak lupa dengan mempertimbangkan fasilitas penyimpanan dan sumber daya manusia yang tersedia di Puskesmas yang bersangkutan yaaa.

Sumber :
  1. Gunarti, dkk. 2016. “Tinjauan Pelaksanaan Family Folder Untuk Rekam Medis Rawat Jalan di Puskesmas Guntung Payung Tahun 2016”. Stikes Husada Borneo. Kalimantan Selatan.
  2. Mardyawati, Eka dan Akhmadi. 2016. “Pelaksanaan Sistem Penyimpanan Rekam Medis Family Folder di Puskesmas Bayan Lombok Utara”. Jurnal Kesehatan Vokasional. Yogyakarta.

Posted by Fadillah Indra Damayanti in Rekam Medis, 0 comments